Jumat, 11 September 2015

Apa yang dimaksud Nutrisi Hidroponik itu?

Apa sih yang dimaksud dengan nutrisi hidroponik itu? bentuknya seperti apa dan kandungannya apa saja? banyak dari orang-orang yang ingin memulai hobi bertanam hidroponik ini bertanya-tanya seperti yang saya sebutkan tadi, disini saya akan mencoba memberi jawaban dari pertanyaan tersebut.



Sebelum saya jelaskan tentang nutrisi hidroponik saya akan menjelaskan tentang kebutuhan tanaman akan yang namanya unsur hara pada tanah. Unsur hara yang ada di tanah sangat dibutuhkan oleh tanaman karena unsur hara ini merupakan makanan bagi tumbuhan

Untuk dapat tumbuh dengan baik tanaman membutuhkan unsur hara yang terbagi menjadi 2 jenis yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro kedua unsur hara ini mengandung unsur kimia yang berbeda juga, berikut kandungan dari kedua unsur hara tersebut

kandungan dari unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman


Pada gambar diatas merupakan tabel unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan jika tumbuhan kekurangan beberapa unsur diatas maka akibatnya akan berdampak pada pertumbuhan tanaman tersebut yang nantinya tumbuhnya tidak sesuai yang diharapkan.

Oleh karena itu para petani biasanya menambahkan yang namanya pupuk, pupuk disini fungsinya sama dengan multivitamin pada manusia hanya saja kandungannya yang berbeda. Pada pupuk tanaman terkandung unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman yang tidak didapatkan di tanah tempat tanaman tersebut tumbuh atau sudah ada unsur yang dibutuhkan tetapi kadarnya kurang.

Untuk jenis pupuk itu sendiri dipasaran bebas kita biasa mengenal yang namanya pupuk Urea, pupuk ini mengandung satu unsur hara saja yaitu N(nitrogen). Ada juga yang disebut dengan pupuk majemuk yang mengandung lebih dari satu unsur hara seperti pupuk NPK 15-15-15 yang mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman seperti yang ada pada tabel diatas.

Seperti yang kita ketahui didalam sistem hidroponik kita tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, lalu bagaimana cara tanaman mendapatkan unsur hara yang ia butuhkan untuk tumbuh?? tidak perlu khawatir untuk itulah dibuat yang namanya Nutrisi Hidroponik, didalam pembuatan nutrisi hidroponik ini sudah  dicampurkan unsur-unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

Setiap dari senyawa yang dibutuhkan oleh tanaman seperti pada tabel diatas dicampurkan menjadi satu, tentu saja sudah diukur dengan teliti untuk berapa banyak kandungan yang dicampurkan sesuai dengan kebutuhan jenis tanaman. Pada nutrisi hidroponik ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu nutrisi untuk sayur berjenis daun dan nutri untuk sayur berjenis buah sehingga komposisinyapun juga berbeda oleh karena itu bagi anda yang ingin menanam menggunakan metode hidroponik ini harus melihat dulu nutrisi apa yang nantinya akan anda butuhkan.

Pada nutrisi hidroponik ini sudah mengandung semua unsur yang sangat dibutuhkan oleh tanaman sehingga tumbuhan yang dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik akan lebih cepat tumbuh dan lebih cepat berbuah dibandingakan dengan tanaman yang dibudidayakan menggunakan tanah.

Bentuk dari nutrisi hidroponik ini adalah padat sehingga kita harus melarutkannya terlebih dahulu sebelum digunakan. Karena ada 2 jenis nutrisi yaitu A dan B oleh karena itu disebut sebagai Nutrisi Hidroponik AB-Mix, pada setiap jenis nutrisi(nutrisi sayur dan nutrisi buah), di perlukan 2 tempat yang berbeda juga karena nutrisi A dan B tidak boleh dilarutkan pada tempat yang sama, pada waktu tertentu akan berubah bentuk menjadi sejenis gel dimana tidak akan bisa digunakan lagi jika sudah menjadi seperti itu.

nutrisi hidroponik AB-Mix


Untuk cara melarutkan Nutrisi Hidroponik ini akan saya bahas pada postingan berikutnya ya...


sekian dulu semoga artikel ini dapat bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar